DEFINISI
Sistem => suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi/institusi.
Informasi => data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna.
Data => fakta-fakta, angka-angka atau statistic-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulan.
Manajemen => sebagai PROSES, manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.
Sebagai SUBYEK, manajemen adalah orang (atau orang-orang) yang melaksanakan kegiatan tersebut.
Sistem Informasi Manajemen => jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu system (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.
MANAJEMEN INFORMASI
Manajer mengelola 5 jenis sumber daya:
1. manusia,
2. material,
3. mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. uang (money)
5. informasi (termasuk data)
Sumber daya fisik (no. 1 s/d 4) akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien/usang. Contoh penggantian sumber daya: upgrade mesin, rekruitmen pegawai baru, dsb.
Tugas manajer meliputi: pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual.
Alasan perlu diberkan perhatian pada Manajemen Informasi:
A. Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat:
1. Pengaruh ekonomi internasional
2. Persaingan dunia
3. Kompleksitas teknologi yang semakin meningkat
4. Batas waktu yang singkat
5. Kendala-kendala social
B. Kemampuan komputer yang semakin baik
Pemakai semakin tahu bagaimana ‘mendayagunakan’ computer untuk membantu pekerjaanya.
KEAHLIAN MANAJEMEN
Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar, yaitu: keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah.
EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
1. Fokus awal pada data,
2. Fokus baru pada informasi
3. Fokus revisi pada pendukung keputusan (DSS)
4. Fokus kini pada komunikasi (Otomatisasi Kantor)
5. Fokus potensial pada konsultasi (system pakar)
FAKTOR PENDUKUNG MENUJU “END-USER COMPUTING”
1. Meningkatnya pengetahuan tentang computer (knowledge)
2. Antrian jasa informasi (time-process)
3. Perangkat keras yang murah (technology-hardware)
4. Perangkat lunak siap pakai (technology-software)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar